Wednesday 11 September 2013

Evaluasi Penyelenggaraan Kejurda Balap Sepeda Krakatau Steel MTB XC Open 2013

Layout Tenda Ada perubahan - Menjadi lebih baik
Toilet portable Tetap - lebih ideal jika di area sebelah barat dan masuk di ex lapangan volley, dan perlu dipikirkan sumber air Mandiri.
Kursi Tamu Tetap - Posisi OK, jumlah Kurang banyak.
Paddock Scrutinize Tetap - OK.
Paddock Kontingen Kontingen menempati pinggiran jalan Kabel - Perlu di standarkan, diberi tempat dan sarana, papan nama, tempat sampah dll. di sepanjang jl kabel sisi track (tidak didepan rumah penghuni).
Parkir Sepeda Peserta Ada perubahan mengikuti area scrutinize - Menjadi lebih baik
Penonton Umum Ada krodit dan tidak bisa menikmati maksimal - Perlu podium/timbunan tanah khusus dengan view yang lebih baik. Seperti di pohon sepanjang jalan kabel. atau jika memungkinkan mix dengan pengembangan track dibuatkan jembatan penyeberangan jika akan ditempatkan ditengah area.
Tower Pengawas Tetap - OK, perlu dipertimbangkan yang fix, menggunakan tower besi atau timbunan tanah.
Tempat Sampah dan Kebersihan Kepedulian belum optimal - Perlu petugas kebersihan khusus, Jumlah trash bag kurang banyak untuk spot-spot penting
Parkir pengunjung & Pengamanan Ok Tetap, tetapi ada beberapa motor roda 2 lolos dari arah Kotasari. - Perlu police line atau petugas khusus, petugas keamanan belum terlibat dan belum memahami scenario lomba
Start position OK - OK
Entry gate & Track OK, tetapi ada fine tuning pengamanan safety. - OK, distandarkan atau perlu ditinjau untuk dilebarkan.
  -  Jika masih menggunakan Jl. Kabel sebagai lintasan Start, maka gate masuk track perlu dipertimbangkan dipindahkan ke tengah antara panel listrik dan tembok pembatas rumah.
  - Jika memungkinkan kedepan tempat start finish seluruhnya di area track Jl. Kabel, dengan modifikasi jarak tempuh dapat dilakukan cross lintasan dengan system terowongan.
  - Penambahan/renovasi track menjadi prioritas untuk pengembangan track kedepan menjadi lebih baik/menantang dengan tingkat kesulitan lebih banyak, dengan tetap mempertimbangkan view yang menarik.
Feeding Zone OK - Perlu dipindahkan pada lintasan yang relative panjang, lurus dan rata.
Marshal mengalami kesulitan pada pencatatan start number peserta/check list - Ada pos tertentu yang sulit berlindung dari terik matahari, Perlu pos dan tempat duduk. Ada satu posisi yang terlewat dicermati. Ada area yang justru tidak perlu marshal tetapi cukup pagar.
  - Sebagai fasilitas pembatas-pembatas lintasan pada spot-spot tertentu (marshall) perlu dilakukan penanaman pohon (perlu dibuat program untuk hal ini sehingga lebih banyak volunteer dapat terlibat).
  - Perlu pembekalan cara pencatatan pada record sheet, jika memungkinkan dapat menggunakan recorder (HP) untuk backup sheet record.
  - Perlu pembekalan Racing Rules, khususnya pada item-item di lintasan lomba (Marshal = Wasit atau Hakim Garis)
Rescue Point OK, jumlah kurang - OK, namun perlu training medical first aid dan di secretariat tetap perlu standby box P3K
  - Diperlukan team rescue pada 3 spot penting masing-masing 2 orang dengan peralatan dan pemahaman tentang medis yang memadai.
Penonton di lintasan Perlu penertiban di setiap start - Perlu distandarkan tidak masuk ke area.
Registrasi & Registrasi Ulang Data pendukung umur, alamat dll tidak memadai. Tidak semua yang mengembalikan form registrasi melengkapi bukti biodata diri. - Perlu diperbaiki mencegah ketidak  fair atau adil, Layout kurang tepat, kedepan bisa dipertimbangkan di Jl. Kabel samping rumah Pak Indra Pinem, Layout notice board kurang tepat, Pendaftaran ulang, klarifikasi syarat pendaftaran & penyerahan nomor start 2 orang, Entry data, proses data & administrasi, 1 orang 1 PC, Entry result, 1 orang 1 PC, Dokumentasi kearsipan 1 orang, Perlu dipertimbangkan batas akhir pendaftaran, dan tidak menerima pendaftaran setelahnya.
Technical Meeting Tidak on schedule & tidak efektif hanya beberapa peserta yang hadir - Dipertimbangkan waktu yang tepat dari kehadiran seluruh peserta, misalnya technical meeting dilakukan pada saat hari H 30 menit sebelum race dimulai. Perlu ditingkatkan. urutan nomor lomba dan jumlah peserta sudah fix.
Roll Call MC beberapa delay dan sering salah baca. - MC harus khusus dan dibekali dengan data-data seluruh peserta. Berkoordinasi dengan sekertariat, starter, marshal dan finisher.
Starting Sering missed dengan MC Lomba - Perlu initial ready condition : Time keeper, lintasan, dan  peserta. Perlu MC Khusus.
  - Urutan start berturut-trut dimulai dari fun to elite (next to upgrade).
  - Untuk mengoptimalkan jeda antar class yang akan start, pengambilan result setiap class dari marshal -marshal dapat dipertimbangkan pada saat jam istirahat.
  - Check terkait dengan safety peserta dan lintasan dilakukan berdasarkan informasi finisher dan petugas marshal.
  - Laporan dan catatan marshal pada class yang sedang berlomba harus segera disampaikan melalui HT kepada finisher jika ditemukan kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan peserta dalam lintasan.
Pencatatan Hasil Lomba Data collecting cukup baik. - Pengambilan data, pencatatan dan pengumuman di Notice board perlu distandardkan.
Hadiah  - Komposisi prize cash money Elit & Open perlu dipertimbangkan
Jury/Penjurian Belum ada Personal/Team/Dewan Jury yang khusus mengawal lomba. - Harus ada independence mengawasi fair play perlombaan.
Team Jury diperlukan dalam event XC, ini terkait dengan peraturan/regulasi lomba agar lomba dapat berjalan dengan baik dan meminimasi pelanggaran yang dilakukan peserta khususnya yang terkait dengan safety (peserta & alat).
Dokumentasi & Media Ok - Team dokumentasi tidak saja shot gambar tapi ikut menyemangati peserta
Rescue, Ambulance Ok - Penempatan mobil ambulance sudah tepat di jalan portal dari Kotasari, dan perlu dibekali HT
Dukungan GA & FM Ok - Semua kebutuhan non cash dipenuhi (stage, tenda, kursi, toilet, sound system, umbul-umbul), perlu petugas kebersihan saat kegiatan berlangsung.
Bantuan Scafolding dari FM melalui Pak Agus Musabik sangat-sangat membantu khususnya untuk safety tower.
Dukungan Keamanan Belum optimal - Koordinasi dengan petugas keamanan scenario lomba, perlu dibekali petunjuk teknik pelaksanaan lomba yang terkait dengan keamanan
Konsumsi Ok - Layout lebih mendekat ke sekertariat, perlu ada label "KONSUMSI" di kendaraan konsumsi, kedepan diberlakukan kupon untuk pengambilan konsumsi (peserta/official/panitia)
Alat komunikasi Belum optimal - Sarana sangat penting berupa alat komunikasi (HT) belum optimal, kebutuhan ideal adalah jumlah marshall, starter, finisher, rescue, MC, medis ambulance, keamanan dan race director. Kedepan perlu dipertimbangkan station base communication.
Track, Event, Management  - Pengembangan track yang lebih baik
Frequency event di maksimalkan, kerja sama dgn club/organisasi/instansi yang terkait.
Struktur pengelola track KBP
Coaching Race Management

2 comments:

adam said...

kalau bisa, hasil lomba dan foto2 di'upload' disini juga, pak.

Krakatau Bike Park said...

woke bang adam, nanti klo sudah dapet dr bang syamsul radar banten (beliau sie dokumentasi) temtu kita shared for all, juga yang nanti ingin mendapatkan beberapa foto (dgn bite besar) silahkan kontak kita copy for free....

Post a Comment